Rpp Nahu Kelas VII
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
No. 1
Sekolah : MTs TI Batang Kabung
Mata
Pelajaran : Nahwu Shorof
Kelas
/ Semester : VII / Ganjil
Standar
Kompetensi :
1. Memahami huruf Jer.
Kompetensi
Dasar :
1.1 Menjelaskan jumlah huruf Jer
dengan dasarnya.
1.2 Menjelaskan hukum dan maknanya
huruf Jer.
Indikator :
-
Menyebutkan
huruf Jer 19.
-
Menghafalkan
huruf Jer dengan dasarnya.
-
Membaca
huruf Jer tanpa harokat dengan benar.
-
Memahami
hokum huruf Jer dengan dasarnya.
-
Menghafalkan
maknanya huruf Jer dengan dasarnya.
Alokasi
waktu 4 X 40 Menit ( 2 X Pertemuan )
Tujuan
Pembelajaran :
-
Siswa
dapat membaca dan member makna huruf Jer, tanpa syakal dan makna dengan benar.
Materi
Pembelajaran :
-
Huruf
Jer
Metode
Pembelajaran :
-
Tanya
jawab
-
Praktek
membaca
-
Menghafalkan
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran :
1. Kegiatan pendahuluan
a. Memberi
salam dan berdo’a untuk mulai pelajaran.
b. Apersepsi
/ Mengulas materi yang sudah lewat.
c. Menjelaskan
materi yang diajarkan sesuai SKKD.
2. Kegiatan inti
a. Siswa
memahami jumlah huruf Jer 19 dengan dasarnya.
b.
Siswa praktek membaca huruf Jer dengan benar.
c.
Siswa memahami hokum huruf Jer dengan dasarnya.
d.
Siswa dapat member makna huruf Jer.
3. Kegiatan penutup
a.
Menyimpulkan hurur Jer dan hukumnya dengan jelas.
b. Memberi
tugas / PR materi yang sudah di sampaikan.
c. Mengucapkan
salam / do’a penutup.
Alat dan Sumber
Belajar :
-
Rumus
dan Qoidah metode praktis mendalami Al-Qur’an dan membaca kitab kuning.
-
Amsilati
dan Kholasati.
-
Kitab-kitab
Nahwu Shorof.
Penilaian :
1. Ada berapakah huruf Jer itu ?
Senbutkan !
2. Tuliskan dasarnya !
3. Bagaimanakah hukumnya huruf Jer
itu ?
4. Tuliskan dasarnya !
5. Bagaimanakah ma’nanya huruf Jer بِdan لِ itu ?
6. Berilah syakal / harokat حتى
الى الجبل الى, من, مذ, منذ, فى, عن
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
No. 2
Sekolah : MTs TI Batang Kabung
Mata
Pelajaran : Nahwu Shorof
Kelas
/ Semester : VII / Gasal
Standar
Kompetensi :
1. Memahami huruf Jer.
Kompetensi
Dasar :
1.3 Menerapkan syakal / harokat dan
makna huruf Jer.
1.4 Menejlaskan gabungan huruf Jer
dengan kata I ( tunggal ).
Indikator :
-
Memahami
huruf Jer dan kata setelahnya, dengan syakal dan dasar hukumnya.
-
Membaca
huruf Jer dan kata setelahnya tanpa harokat dengan benar.
-
Menjelaskan
kata setelah huruf Jer dengan dasarnya.
-
Mencontohkan
huruf Jer di gabungkan dengan kata tunggal.
Alokasi
waktu 4 X 40 Menit ( 2 X Pertemuan )
Tujuan
Pembelajaran :
-
Siswa
dapat memahami huruf Jer yang di gabungkan kata tunggal
-
Siswa
dapat praktek membaca huruf Jer yang di gabungkan kata tunggal tanpa makna dan
harokat dengan benar.
Materi
Pembelajaran :
-
Huruf
Jer
Metode
Pembelajaran :
-
Tanya
jawab
-
Praktek
-
Menghafalkan
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran :
1. Kegiatan pendahuluan
a.
Memberi salam.
b.
Apersepsi.
c.
Menjelaskan materi yang diajarkan sesuai SKKD.
2. Kegiatan inti
a. Siswa memahami jumlah huruf Jer yang di gabungkan dengan kata
tunggal tanpa syakal dan makna.
b. Siswa dapat membaca huruf Jer yang di gabungkan dengan kata
tunggal tanpa harokat dan makna.
c. Siswa
hafal dasar hokum kata setelah huruf Jer.
3. Kegiatan penutup
a.
Menyimpulkan penggabungan huruf Jer dengan kata tunggal dengan makna.
b. Memberi
tugas
c.
Memberi salam / do’a penutup.
Alat dan Sumber
Belajar :
-
Rumus
dan Qoidah.
-
Amsilati
dan Kholasati.
-
Kitab-kitab
Nahwu Shorof.
Penilaian :
1. Bagaimanakah hukumnya kata
setelah huruf Jer itu ?
2. Tuliskan dasarnya.
3. Contohkan huruf Jer digabungkan
pada kata tunggal 5 saja dan berilah syakal dengan benar !
4. Berilah syakal dan makna contoh
berikut …
من الله من
المدرسة والعصر
بالله حتى مطلع
الفجر كتريد
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
No. 3
Sekolah : MTs TI Batang Kabung
Mata
Pelajaran : Nahwu Shorof
Kelas
/ Semester : VII / Gasal
Standar
Kompetensi :
1. Memahami huruf Jer.
Kompetensi
Dasar :
1.5 Menjelaskan gabungan huruf Jer
dengan Isim Maqsur.
Indikator :
-
Memahami
kata yang di akiri alif sebelumnya berharokat fathah dengan dasarnya.
-
Menggabungkan
huruf Jer dengan kata yang di akiri alif dengan benar dan mencontohkan!
-
Membri
harokat dan makna pada huruf Jer yang di gabungkan Isim Maqsur dengan benar.
-
Memahami
Irobnya Isim Maqsur dengan dasarnya.
Alokasi
waktu 4 X 40 Menit ( 2 X Pertemuan )
Tujuan
Pembelajaran :
-
Siswa
dapat memahami dan mempraktekan huruf Jer yang di gabungkan dengan Isim Maqsur
dengan membaca yang benar.
Materi
Pembelajaran :
-
Huruf
Jer
Metode
Pembelajaran :
-
Tanya
jawab
-
Praktek
-
Menghafalkan
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran :
1. Kegiatan pendahuluan
a.
Memberi salam.
b.
Mengulas materi yang sudah lewat
c.
Menjelaskan materi yang diajarkan sesuai SKKD.
2. Kegiatan inti
a. Siswa memahami huruf Jer yang di gabungkan dengan kata yang di
akiri alif sebelumnya berharokat fathah.
b. Siswa dapat praktek membaca huruf Jer yang digabungkan dengan
Isim Maqsur dengan dasar hokumnya.
c.
Siswa hafal Irob Isim Maqsur dengan dasarnya.
3. Kegiatan penutup
a.
Menyimpulkan penggabungan huruf Jer pada Isim Maqsur dengan jelas.
b.
Memberi tugas
c.
Memberi salam.
Alat dan Sumber
Belajar :
-
Rumus
dan Qoidah Metode praktis mendalami Al-Qur’an dan Mmebaca kitab salaf.
-
Amsilati
dan Kholasati.
-
Kitab-kitab
Nahwu Shorof.
Penilaian :
1. Apakah yang di sebut Isim Maqsur
itu ?
2. Bagaimanakah Irobnya Isim Maqsur
itu ?
3. Tuliskan dasarnya !
4. Contohkan Huruf Jer yang di
gabungkan Isim Maqsur dengan benar !
5. Brilah harokat contoh berikut …
من الهدى والفرقان فى
النيا والا خرة من العسر يسرى
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
No. 4
Sekolah : MTs TI Batang Kabung
Mata
Pelajaran : Nahwu Shorof
Kelas
/ Semester : VII / Gasal
Standar
Kompetensi :
1. Memahami huruf Jer.
Kompetensi
Dasar :
1.6 Menjelaskan gabungan huruf Jer
dengan jamak Mudzakar Salim.
Indikator :
-
Memahami
kata yang diakiri UNA dan INA dengan dasarnya.
-
Menggabungkan
huruf Jer pada kata yang di akiri UNA dan INA dengan benar.
-
Mencontohkan
dan member harokat huruf Jer yang di gabungkan dengan kata yang di akiri UNA
dan INA dengan benar.
-
Mengetahui
Irob jamak Mudzakar Salim dengan menghafal dasarnya.
Alokasi
waktu 1 X 40 Menit ( 1 Pertemuan )
Tujuan
Pembelajaran :
-
Siswa
dapat memahami dan praktek membaca huruf Jer yang digabungkan dengan jamak
Mudzakar Salim dengan benar.
Materi
Pembelajaran :
-
Huruf
Jer
Metode
Pembelajaran :
-
Tanya
jawab
-
Praktek
membaca
-
Menghafalkan
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran :
1. Kegiatan pendahuluan
a. Memberi
salam.
b. Mengulas
materi yang sudah lewat.
c.
Menjelaskan materi yang diajarkan sesuai SKKD.
2. Kegiatan inti
a. Siswa memahami arti jamak Mudzakar Salim.
b. Siswa memahami perubahan / Irob jamak Mudzakar Salim dengan
dasarnya.
c. Siswa dapat mencontohkan dan membaca huruf Jer yang di gabungkan
jamak Mudzakar Salim tanpa harokat dengan benar.
3. Kegiatan penutup
a.
Menyimpulkan gabungan huruf Jer dengan jamak Mudzakar Salim dengan terang dan
jelas.
b.
Memberi tugas
c.
Memberi salam / do’a penutup.
Alat dan Sumber
Belajar :
-
Rumus
dan Qoidah.
-
Amsilati
dan Kholasati.
-
Kitab-kitab
Nahwu Shorof.
Penilaian :
1. Apakah yang disebut jamak
Mudzakar Salim itu ?
2. Tuliskan / hafalkan dasarnya !
3. Bagaimanakah Irobnya jamak
Mudzakar Salim itu ? Contohnya !
4. Jadikanlah
contoh di bawah ini menjadi kata jamak Mudzakar Salim.
مُسْلِمٌ .......... مُتَّــقٌ
..........
كافِرٌ .......... مُفِْلحٌ ..........
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
No. 5
Sekolah : MTs TI Batang Kabung
Mata
Pelajaran : Nahwu Shorof
Kelas
/ Semester : VII / Gasal
Standar
Kompetensi :
2. Memahami Idhofah.
Kompetensi
Dasar :
2.1 Menjelaskan pengertian Idhofah
dengan dasarnya.
2.2 Menjelaskan Mudhof, Mudhofilaih
dengan dasar hukumnya.
2.3 Menggabungkan Idhofah dengan
kata lain.
Indikator :
-
Memahami
gabungan dua kata atau lebih dengan dasar hukumnya.
-
Memahami
kata-kat yang harus di gabungkan dengan memahami maknanya.
-
Menunjukkan
kata yang menjadi Mudhof, Mudhofilaih dengan dasarnya.
-
Memahmi
Irob atau hokum Mudhof, Mudhofilaih dengan dasarnya.
-
Mencontohkan
penggabungan Idhofah dengan kata lain.
-
Membaca
dan member makna gabungan dua kata atau lebih dengan benar.
-
Membedakan
kata yang menjadi Mudhof dan Mudhofilaih.
-
Menyusun
Mudhof, Mudhofilaih menjadi Idhofah.
Alokasi
waktu 6 X 40 Menit ( 3 X Pertemuan )
Tujuan
Pembelajaran :
-
Siswa
dapat memahami dan praktek membaca gabungan dua kata atau lebih dengan
menghafal dasar hukumnya dengan benar.
Materi
Pembelajaran :
-
Idhofah
Metode
Pembelajaran :
-
Tanya
jawab
-
Praktek
membaca
-
Menghafalkan
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran :
1. Kegiatan pendahuluan
a.
Memberi salam.
b.
Apersepsi.
c.
Menjelaskan materi yang diajarkan sesuai SKKD.
2. Kegiatan inti
a. Siswa memahami gabungan 2 kata atau lebih.
b. Siswa menunjukkan kata yang menjadi Mudhof dan Mudhofilaih /
Membedakan.
c.
Siswa memahami Irob kata yang menjadi Mudhof, Mudhofilaih dengan dasarnya.
d. Siswa
mencontohkan dan membaca kata yang harus menjadi Idhofah dengan benar.
3. Kegiatan penutup
a.
Menyimpulkan Idhofah dengan jelas.
b.
Memberi tugas.
c.
Memberi salam.
Alat dan Sumber
Belajar :
-
Rumus
dan Qoidah.
-
Amsilati
dan Kholasati.
-
Kitab-kitab
Nahwu Shorof.
Penilaian :
1. Apakah yang di sebut Idhofah itu
?
2. Apakah pengertian Mudhof dan
Mudhofilaih itu ?
3. Bagaimankah Irob / hokum Mudhof,
Mudhoilaih itu ?
4. Tuliskan / hafalakan dasarnya ?
5. Contohkan Idhofah 5 saja !
6. Berilah harokat contoh dibawah
ini !
قل اعوذبربّ النّاس ملك
لنّاس اله النّاس من شرّالوسواس الخنّاس الذى يوسوس في دورالنّاس من الجنّة والناّس
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
No. 6
Sekolah : MTs TI Batang Kabung
Mata
Pelajaran : Nahwu Shorof
Kelas
/ Semester : VII / Gasal
Standar
Kompetensi :
3. Memahami Irob.
Kompetensi
Dasar :
3.1 Menjelaskan pengertian Irob.
3.2 Menyebutkan jumlah Irob dengan
dasarnya.
Indikator :
-
Memahami
perubahan akhir kata karena di pengaruhi kata lain.
-
Menyebutkan
Irob yang asli dengan dasarnya.
-
Mempraktekan
membaca akhir kata denagan Irob yang benar.
-
Mengetahui
Irob-irib Niabah / Irob yang tidak asli.
Alokasi
waktu 6 X 40 Menit ( 2 Pertemuan )
Tujuan
Pembelajaran :
-
Siswa
dapat memahami Irob, jumlah Irob, Irob yang asli dan Niabah / gantian dari yang
asli dengan benar.
Materi
Pembelajaran :
-
Irob
Metode
Pembelajaran :
-
Tanya
jawab
-
Praktek
membaca
-
Menghafalkan
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran :
1. Kegiatan pendahuluan
a.
Memberi salam.
b.
Apersepsi.
c.
Menjelaskan materi yang diajarkan sesuai SKKD.
2. Kegiatan inti
a. Siswa memahami perubahan akhir kata karena dipengaruhi kata lain
dengan cermat dan benar.
b. Siswa dapat membaca akhir kata dengan benar.
c.
Siswa mampu menyebutkan Irob dengan jumlahnya dengan benar dan dengan dasarnya.
d.
Siswa dapat membedakan Irob yang asli dan yang gentian dari asli.
e. Mempraktekan
membaca akhir kata dengan benar.
3. Kegiatan penutup
a.
Menyimpulkan pengertian Irob, jumlah Irob dengan benar.
b.
Memberi tugas/ PR.
c.
Memberi salam sebagai akhir pelajaran.
Alat dan Sumber
Belajar :
-
Rumus
dan Qoidah.
-
Amsilati
dan Kholasati.
-
Kitab-kitab
Nahwu Shorof.
Penilaian :
1. Apakah yang di sebut Irob itu ?
2. Ada berapakah jumlah Irob itu ? Sebutkan
!
3. Ada berapakah Irob yang asli itu
? Sebutkan !
4. Tuliskan / Hafalkan dasarnya !
5. Contohkan 5 saja kata yang
akhirnya beruah baik dalam kharokat / hurufnya !
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
No. 7
Sekolah : MTs TI Batang Kabung
Mata
Pelajaran : Nahwu Shorof
Kelas
/ Semester : VII / Gasal
Standar
Kompetensi :
4. Memahami Isim Dhomir / kata ganti.
Kompetensi
Dasar :
4.1 Menjelaskan Isim Dhomir dan
dasar hukumnya.
4.2 Menyebutkan Isim Dhomir beserta
maknanya.
4.3 Menjelaskan syakal Isim Dhomir
yang digabungkan dengan kata lain.
Indikator :
-
Menyebutkan
pembagian Isim Dhomir dengan dasarnya.
-
Menghafalkan
Isim Dhomir Muttasil dan Mungfasil.
-
Memahami
hukum Isim Dhomir dengan dasar hukumnya.
-
Memberi
makna dan harokat Isim Dhomir dengan benar.
-
Memahami
pengertian Dhomir Mittasil dan Mungfasil.
-
Memahami
Dhomir Qoib, Mukhotob dan Mutakallom
-
Memahami
syakal Isim Dhomir yang di gabungkan / di pengaruhi kata lain.
Alokasi
waktu 6 X 40 Menit ( 3 Pertemuan )
Tujuan
Pembelajaran :
-
Siswa
dapat memahami Isim Dhomir, Pembagian Isim Dhomir, menyebutkan Isim Dhomir
dengan dasar hukumnya dengan jelas.
-
Siswa
dapat mengetahui dan praktek membaca Isim Dhomir dan digabungkan dengan kata
lain dengan benar.
Materi
Pembelajaran :
-
Isim
Dhomir ( kata ganti )
Metode
Pembelajaran :
-
Tanya
jawab
-
Praktek
membaca
-
Menghafalkan
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran :
1. Kegiatan pendahuluan
a.
Memberi salam.
b.
Apersepsi.
c.
Menjelaskan materi yang diajarkan sesuai SKKD.
2. Kegiatan inti
a. Siswa memahami pembagian Isim Dhomir.
b. Siswa mampu menyebutkan semua Isim Dhomir dengan cara menghafal.
c. Siswa memahami hokum Isim Dhomir dengan menghafal dasarnya.
d. Siswa memahami pengertian Dhomir Muttasil dan Mungfasil.
e. Siswa memahami ma’na Dhomir Qhoib, Mukhotob dan Mutakallim.
f. Siswa mampu praktek membaca Isim Dhomir yang di gabungkan kata
lain dengan benar dan dengan dasar hukumnya.
3. Kegiatan penutup
a.
Menyimpulkan pengertian Isim Dhomir, baik Muttasil / Mungfasil dengan benar.
b.
Memberi tugas.
c.
Memberi Do’a akhir / salam.
Alat dan Sumber
Belajar :
-
Rumus
dan Qoidah metode praktis mendalami Al-Qur’an dan membaca Kitab Salaf..
-
Amsilati
dan Kholasati.
-
Kitab-kitab
Nahwu Shorof.
Penilaian :
1. Bisa disebut apakah Isim Dhomir
itu ?
2. Bagaimanakah hukumnya Isim Dhomir
itu ?
3. Tuliskan / Hafalkan Dasarnya.
4. Ada berapakah pembagian Dhomir
itu ?
5. Sebutkan !
6. Apakah pengertian Dhomir Muttasil
dan Mungfasil itu ?
7. Sebutkan semua Isim Dhomir
Muttasil Mahal Rafa’.
8. Apakah Arti Dhomir Qhoib,
Mukhotob dan Mutakallim itu ?
9. Contohkan 5 Dhomir yang
menunjukkan Mutakallim beserta maknanya !
10. Jelaskan Dhomir هم هما هُ
dan هنّ
Ha’ nya harus di baca kasroh ! dan tuliskan dasarnya !
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
No. 8
Sekolah : MTs TI Batang Kabung
Mata
Pelajaran : Nahwu Shorof
Kelas
/ Semester : VII / Genap
Standar
Kompetensi :
5. Memahami Isim Isyaroh / kata
petunjuk.
Kompetensi
Dasar :
5.1 Menjelaskan Isim Isyaroh dan
dasar hukumnya.
5.2 Menyebutkan Isim Isyaroh beserta
maknanya.
Indikator :
-
Menyebutkan
semua Isim Isyaroh dan pembagiannya.
-
Menghafalkan
Isim Isyaroh.
-
Memahami
Isim Isyaroh Qorib, Baid dan Tawasuth.
-
Mencontohkan
dan praktek membaca Isim Isyaroh dengan benar.
-
Menghafal
dasar Isim Isyaroh.
Alokasi
waktu 4 X 40 Menit ( 2 Pertemuan )
Tujuan
Pembelajaran :
-
Siswa
dapat memahami kata tunjuk, menyebutkan dengan menghafal dasar hukumnya dengan
benar
Materi
Pembelajaran :
-
Isim
Isyaroh ( kata petunuk )
Metode
Pembelajaran :
-
Tanya
jawab
-
Praktek
membaca
-
Menghafalkan
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran :
1. Kegiatan pendahuluan
a.
Memberi salam / Do’a awal pelajaran.
b.
Apersepsi.
c.
Menjelaskan materi yang diajarkan sesuai SKKD.
2. Kegiatan inti
a. Siswa dapat mengetahui Isim Isyaroh dengan benar.
b. Siswa dapat menghafal Isim Isyaroh dengan benar.
c.
Siswa memahami semua Isim Isyaroh dengan benar.
d.
Siswa mempraktekan membaca Isim Isyaroh dengan benar.
e. Siswa
menghafalkan makna Isim Isyaroh Baid, Qorib dan Tawasuth.
3. Kegiatan penutup
a. Menyimpulkan pengertian Isim Isyarot, Qorib, Tawasuth dan Ba’id
dengan hafal dasar hukumnya dan benar.
b.
Memberi tugas.
c.
Memberi salam.
Alat dan Sumber
Belajar :
-
Rumus
dan Qoidah.
-
Amsilati
dan Kholasati.
-
Kitab-kitab
Nahwu Shorof.
Penilaian :
1. Biasa disebut apakah Isim Isyaroh
itu ?
2. Bagaimanakah hukumnya Isim
Isyaroh itu ?
3. Tuliskan dan hafalakan dasarnya !
4. Sebutkan ISim Isyaroh semua !
5. Tunjukkan Isim Isyaroh Qorib,
Tawasuth dan Ba’id !
6. Apakah pengertian Isim Isyaroh
Qorib, Tawasuth dan Ba’id itu ?
7. Sebutkan makna Isim Isyarot
dengan benar !
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
No. 9
Sekolah : MTs TI Batang Kabung
Mata
Pelajaran : Nahwu Shorof
Kelas
/ Semester : VII / Genap
Standar
Kompetensi :
6. Memahami Isim Mausul / kata
penghubung.
Kompetensi
Dasar :
6.1 Menjelaskan Isim Mausul dan
dasar hukumnya.
6.2 Menyebutkan Isim mausul beserta
maknanya.
6.3 Menjelaskan pengertian Silah dan
‘Aid.
Indikator :
-
Memahami
Isim Mausul / kata penghubung dengan dasar hukumnya.
-
Memahami
dan menyebutkan kata penghubung dengan cara menghafalkan.
-
Mempraktekan
membaca Isim Mausul tanpa harokat dengan benar.
-
Mencontohkan
Isim Mausul yang digabungkan dengan kata lain.
-
Menjelaskan
pengertian silah dengan dasar hukumnya.
-
Memahami
pengertian ‘Aid dengan dasay hukumnya.
-
Menunjukkan
kata penghubung Silah dan ‘ Aid dengan benar.
Alokasi
waktu 6 X 40 Menit ( 3 Pertemuan )
Tujuan
Pembelajaran :
-
Siswa
dapat memahami Isim Mausul, menyebutkan dengan cara menghafal.
-
Siswa
dapat memahami pengertian Sialah dan ‘Aid dengan cara mencontohkan dengan
benar.
Materi
Pembelajaran :
-
Isim
Mausul / kata penhubung
Metode
Pembelajaran :
-
Tanya
jawab
-
Praktek
membaca
-
Menghafalkan
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran :
1. Kegiatan pendahuluan
a.
Memberi salam / Do’a awal pelajaran.
b.
Apersepsi.
c.
Menjelaskan materi yang diajarkan sesuai SKKD.
2. Kegiatan inti
a. Siswa dapat mengetahui kata penghubung dengan benar.
b. Siswa dapat menyebutkan kata penghubung dengan benar.
c. Siswa dapat menjelaskan dasar hukumnya hukumnya kata penghubung.
d. Siswa mampu praktek membaca Isim Mausul tanpa kharokat dan makna
dengan benar.
e. Siswa dapat menjelaskan pengertian Silah dan ‘Aid dengan benar.
f. Siswa dapat mencontohkan Isim Mausul yang di gabungkan Silah dan
‘Aid dan menunjukkan.
3. Kegiatan penutup
a. Menyimpulkan pengertian Isim Mausul, Silah dan ‘Aid dengan
benar.
b.
Memberi tugas.
c.
Memberi salam.
Alat dan Sumber
Belajar :
-
Rumus
dan Qoidah.
-
Amsilati
dan Kholasati.
-
Kitab-kitab
Nahwu Shorof.
Penilaian :
1. Bisa disebut apakah Isim Mausul
itu ?
2. Sebutkan semua Isim Mausul !
3. Bagaimanakah hukumnya Isim Mausul
itu ?
4. Tuliskan / hafalkan dasarnya !
5. Apakh yang disebut Silah itu ?
6. Apakh yang disebut ‘Aid itu ?
7. Contohkan 5 saja Isim Mausul yang
digabungkan Silah dan ‘Aid !
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
No. 10
Sekolah : MTs TI Batang Kabung
Mata
Pelajaran : Nahwu Shorof
Kelas
/ Semester : VII / Genap
Standar Kompetensi
:
7. Rumus Utama ( Membedakan Isim,
Fi’il, Huruf )
Kompetensi
Dasar :
7.1 Menjelaskan perbedaan Isim,
Fi’il, Huruf dengan dasarnya.
7.2 Menyebutkan ciri-ciri Isim
dengan dasarnya.
7.3 Menjelaskan Irob yang kusus
masuk Isim dengan dasarnya.
Indikator :
-
Menjelaskan
pengertian Isim, Fi’il, Huruf.
-
Membedakan
Isim, Fi’il, Huruf dengan huruf.
-
Menunjukkan
Isim, Fi’il, Hurufdalam Al-Qur’an.
-
Menyebutkan
ciri-ciri Isim dengan menghafal dasarnya!
-
Memahamkan
ciri-ciri Isim dengan jelas.
-
Mencontohkan
dan menunjukkan kalimat Isim.
-
Menjelaskan
Irob yang kusus masuk Isim dan Fi’il.
-
Mencontohkan
dan menunjukkan Irob yang masuk Isim dan Fi’il dalam Al-Qur’an.
-
Menghafal
dasar Irob yang masuk Isim dan Fi’il.
Alokasi
Waktu : 6 X 40 Menit ( 3 pertemuan )
Tujuan Pembelajaran
:
-
Siswa
dapat membedakan kata benda, kerja dan selain kata benda, kerja dengan
ciri-cirinya.
-
Siswa
dapat menyebutkan ciri-ciri Isim dengan menghafal dasarnya.
-
Siswa
dapat membedakan Irob yang kusus masuk Isim dan Fi’il dengan menghafal
dasarnya.
Materi
pembelajaran :
-
Rumus
Utama ( Membedakan Isim, Fi’il, Huruf )
Metode
Pembelajaran :
-
Tanya
jawab
-
Praktek
-
Menghafalkan
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran :
1. Kegiatan pendahuluan
a.
Memberi salam.
b.
Apersepsi.
c.
Menjelaskan materi yang diajarkan sesuai SKKD.
2. Kegiatan Inti
a.
Siswa dapat faham pengertian Isim, Fi’il, Huruf.
b. Siswa
dapat membedakan dan mencontohkan itu Isim, Fi’il, Huruf.
c.
Siswa dapat menyebutkan ciriri-ciri Isim dengan hafal dasarnya.
d.
Siswa dapat mencontohkan ciri-ciri Isim yang terletak dalam Al-Qur’an.
e.
Siswa dapat membedakan Irob yang kusus masuk Isim dan Fi’il.
f.
Siswa dapat memahami Irob yang kusus masuk Isim dan Fi’il.
g.
Siswa hafal dasar Irob yang kusus masuk pada Isim dan Fi’il.
3. Kegiatan Peutup
a. Meyimpulkan rumus utama, cirri-ciri Isim, dan Irob yang kusus
masuk pada isim dan Fi’il dengan jelas.
b.
Memberi tugas
c.
Memberi salam / do’a penutup.
Alat dan Sumber
Belajar :
-
Rumus
dan Qoidah.
-
Amsilati
dan Kholasati.
-
Kitab-kitab
Nahwu Shorof.
Penilaian :
1. Ada berpakah jumlah kata itu ?
Sebutkan !
2. Bagaimanakah cara membedakan kata
itu ?
3. Jelaskan / tuliskan dasarnya !
4. Ada berpakah cirri-ciri Isim itu
? Sebutkan !
5. Carilah kata benda 20 saja dengan
alasanya / cirinya dalam Al-Qur’an surat Al-Fatikhah !
6. Jelaskan Irob yang kusus masuk
Isim dan Fi’il !
7. Tuliskan / hafalkan dasarnya !
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
No. 11
Sekolah : MTs TI Batang Kabung
Mata
Pelajaran : Nahwu Shorof
Kelas
/ Semester : VII / Genap
Standar
Kompetensi :
8. Memahami Munada.
Kompetensi
Dasar :
8.1 Menjelaskan pengertian Munada
dengan dasarnya.
8.2 Menyebutkan jumlah Munada
beserta hukum-hukumnya.
8.3 Menjelaskan huruf Nida’ dan
setelahnya.
Indikator :
-
Menjelakan
pengertian Munada dengan menghafal dasarnya.
-
Memahami
dan menyebutkan jumlah Munada.
-
Menjelaskan
Munada Ma’rifat Mufrot dengan dasar hukumnya.
-
Mencontohkan
dan member Syakal Munada Ma’rifat Mufrot dengan benar.
-
Menghafalkan
dasar-dasar Munada.
-
Menjelaskan
Munda Mudlaf denga dasar hukunya.
-
Mencontohkan
dan memberi Syakal Munada Mudlaf dengan benar.
-
Menjelaskan
Munada Syibih Mudlaf dengan dasar hukumnya.
-
Mencontohkan
dan member Syakal Munada Mudlaf dengan benar.
-
Menyebutkan
huruf Nida’dan pengertiannya.
-
Memahami
Syakal / Irob kata yang jatuh setelah huruf Nida’ dengan benar.
Alokasi
waktu 6 X 40 Menit ( 3 Pertemuan )
Tujuan
Pembelajaran :
-
Siswa
dapat memahami pengertian Munada, jumlah dan hukum-hukumnya.
-
Siswa
dapat mencontohkan dan membaca Munada tanpa kharokat dengan benar
Materi
Pembelajaran :
-
Munada
Metode Pembelajaran
:
-
Tanya
jawab
-
Praktek
membaca
-
Menghafalkan
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran :
1. Kegiatan pendahuluan
a.
Memberi salam / Do’a awal pelajaran.
b.
Apersepsi.
c.
Menjelaskan materi yang diajarkan sesuai SKKD.
2. Kegiatan inti
a. Siswa dapat mengetahui pengertian MUnada dengan jelas.
b. Siswa dapat menyebutkan jumlah Munada dengan benar.
c. Siswa dapat menjelaskan hukum-hukum Munada dengan hafal
dasarnya.
d. Siswa dapat mencontohkan dan membaca Munada tanpa Syakal dengan
benar.
e. Siswa dapat memahami pengertian huruf Nida’ dan maknanya.
f. Siswa dapat membedakan diantara Munada dengan hokum yang
berbeda.
3. Kegiatan penutup
a. Menyimpulkan pengertian Munada, jumlah Munada dan hukum-hukunya
dengan jelas.
b.
Memberi tugas.
c.
Memberi salam.
Alat dan Sumber
Belajar :
-
Rumus
dan Qoidah.
-
Amsilati
dan Kholasati.
-
Kitab-kitab
Nahwu Shorof.
Penilaian :
1. Apa yang di sebut Munada itu ?
2. Ada berapa jumlah Munada itu ?
Sebutkan !
3. Apakah yang desbut Munada
Ma’rifat Mufrod itu ?
4. Bagaimanakah Irob / hukumnya Munada
Ma’rifat Mufrod itu ? Contohkan 5 saja !
5. Apakah yang disebut Munada Mudlaf
itu ?
6. Bagaimanakah Irob / hukumnya
Munada Mudlaf itu ? Contohkan 5 saja !
7. Apakh yang di sebut Munada Shibih
Mudlaf itu ? Jelaskan Irobnya dan beri contoh 5 saja !
8. Apakah pengertian huruf Nida’ itu
?
9. Berilah Syakal Contoh berikut …
ياالله ياعليّ
ياحبيب الله يا خليل الله
يالطيفابخلقه ياطالعاجبلا
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
No. 12
Sekolah : MTs TI Batang Kabung
Mata
Pelajaran : Nahwu Shorof
Kelas
/ Semester : VII / Genap
Standar
Kompetensi :
9. Memahami rumus AI ( Ma’rifat dan Nakiroh)
Kompetensi
Dasar :
9.1 Menjelaskan pengertian Ma’rifat
dan Nakiroh dengan dasarnya.
9.2 Menyebutkan Isim Ma’rifat dan
Nakiroh dengan ciri-ciri dan dasarnya.
Indikator :
-
Menjelakan
pengertian Ma’rifat dan Nakirohdengan menghafal dasarnya.
-
Membedakan
kata Ma’rifat dan Nakiroh dengan menghafal ciri-cirinya.
-
Menyebutkan
jumlah Isim Ma’rifat dengan menghafal dasarnya.
-
Menunjukkan
dan mencontohkan Isim Ma’rifat dan Nakiroh dalam Al-Qur’an dengan benar.
-
Memahami
huruf Ma’rifat dengan menghafal dasarnya.
Alokasi
waktu 4 X 40 Menit ( 2 Pertemuan )
Tujuan
Pembelajaran :
-
Siswa
dapat memahami rumus AI, dengan benar.
-
Siswa
mampu menjelaskan pengertian Ma’rifat, Nakiroh dan mencontohkan dengan benar.
-
Siswa
dapat menyebutkan Isim Ma’rifat dan Nakiroh dengan menghafal dasarnya.
Materi
Pembelajaran :
-
Rumus
AI ( Ma’rifat dan Nakiroh )
Metode
Pembelajaran :
-
Tanya
jawab
-
Praktek
membaca
-
Menghafalkan
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran :
1. Kegiatan pendahuluan
a.
Memberi salam / Do’a awal pelajaran.
b.
Apersepsi.
c.
Menjelaskan materi yang diajarkan sesuai SKKD.
2. Kegiatan inti
a. Siswa dapat memahami pengertian Ma’rifat dan Nakiroh.
b. Siswa mampu membedakan Isim Ma’rifat dan Nakirohdengan
ciri-cirinya.
c. Siswa mampu menyebutkan jumlah Isim Ma’rifat dengan menghafal
dasarnya.
d. Siswa mampu menunjukkan dan mencontohkan Isim Ma’rifat dan
Nakiroh dalam Al-Qur’an.
e. Siswa mampu memahami kata NAkiroh menjadi MA’rifat dengan
menaruh huruf Ma’rifat.
3. Kegiatan penutup
a. Menyimpulkan rumus AI, pengertian dan mencontohkannya dengan
jelas.
b.
Memberi tugas.
c.
Memberi salam.
Alat dan Sumber
Belajar :
-
Rumus
dan Qoidah.
-
Amsilati
dan Kholasati.
-
Kitab-kitab
Nahwu Shorof.
Penilaian :
1. Bedakanlah rumus AI !
2. Apakah pengertian kata Ma’rifat
dan Nakiroh itu ?
3. Ada berapakah Isim Ma’rifat itu ?
Sebutkan !
4. Apakah ciri-ciri Isim Nakiroh itu
? Tuliskan dasarnya !
5. Contohkan Isim Ma’rifat 20 saja
pada Al-Qur’an Surat Al-Fatihah urut beserta alasannya !
mudah2an bisa berjalan dg lancar
BalasHapus